Senin, 16 Agustus 2010

Tips perawatan seed phal

Tips perawatan seed Phalaenopsis:

Salah satu kesalahan terbesar dari pembesaran seed phal adalah pengaturan waktu dan dosis siram yang tepat bagi bibit phalaenopsis sesuai dengan usia bibit, memang agak sukar untuk menakar seberapa besar dosis yang tepat jika dilakukan dengan  cara manual. Banyak sekalli grower yang memberi dosis yg sama persis setiap harinya utk phalaenosis mereka, bukan itu yang tepat...yg dimaksud dengan dosis yang tepat adalah :

1. pemberian air sesuai kebutuhan tanaman saat ini detik ini ( berkaitan dg cuaca,suhu,dan kelembaban detik ini...bukan saat2 sebelumnya.....jadi takaran akan berbeda setiap saatnya)
2. pemberian pupuk sesuai kebutuhan berdasar pada usia bibit yang ditanam, untuk bibit yang baru saja keluar botol dan bibit yang sudah tanam beberapa bulan...akan berbeda dosis dan berbeda pemberian macam2 pupuknya ( artinya..anda tidak bisa menyamakan dosis sesuai dg yang tertera di label kemasan pupuk yang anda beli )
3. pergunakan keahlian pengamatan indera saudara pada media tanam untuk mengamati setiap proses yang terjadi pada saat setelah pemberian pupuk, utk mengetahui respon tanaman anda terhadap dosis yang anda berikan...termasuk terhadap media tanam ( apakah sudah terlalu asam?..jika ya, maka segeralah ganti media)

Memang tidak mudah untuk mempraktekkan hal2 diatas...tapi cobalah utk tanaman anda, perlakukan mereka menurut kebutuhan tanaman anda..bukan sesuai kebutuhan anda. Selamat mencoba, utk berbagai pertanyaan silahkan email saya (steffanylilywindrata@yahoo.co.id) atau tinggalkan pesan di shout box.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar