Jumat, 20 Agustus 2010

Perlakuan pengkondisian utk mempercepat pembungaan:

Perlakuan pengkondisian utk mempercepat pembungaan:

Pemangkasan daun
Pemberian hormon
Penambahan intensitas sinar
Penambahan kondisi gelap
Pemakaian zat penghambat
Pemberian sumber energi
Pemberian unsur hara P
Pencabutan seludang bunga

Pemberian vetsin atau MSG
Cobalah untuk memakai vetsin/MSG utk merangsang pembungaan,kandungan monosodium glutamat punya peran sbg hormon perangsang tumbuh (giberelin)dan pemicu anggrek utk menghasilkan giberelin. Pemberian dilakukan pada tanaman yang sudah dewasa..fungsinya hanya sebagai katalisator,sementara energi yg menunjang terjadinya pembungaan di supply lewat pemberian pupuk.


Penyungkupan
Pemberian sungkup pada tanaman akan menyebabkan kelembaban meningkat, stomata lebih membuka lebar shg fotosintesis lebih baik; akan lebih optimal jika dibarengi dg pemberian P dosis tinggi. Gunakan kain atau kertas dengan warna gelap sbg sungkup.


Pengaturan intensitas cahaya
Ada perbedaan kebutuhan tingkat intensitas cahaya (scr umum ) antara: dendrobium 4000-5000fc,phalaenopsis 2000fc, cattleya 3000-4000fc. Pada siang hari yang cerah,intensitas matahari 10.000fc jadi prosentase yg dibutuhkan dendrobium 40-50%,phalaenopsis 20%,cattleya 30-40% ( anda bisa menyesuaikannya dg pemakaian paranet yg berbeda)
Dengan pengaturan penambahan intensitas cahaya, bibit semaian yang seharusnya berbunga dalam tempo 1,5th sudah bisa berbunga dlm tempo 8 bulan. Penambahan bisa dilakukan lewat penjemuran tanpa paranet pada pk.07.00-10.00 pagi ( selain utk cattleya yg perlu kondisi gelap lebih lama utk berbunga)


Pengaturan kestabilan unsur hara dg teknik hidroponik
Gunakan sistem drip ( irigasi tetes) utk mengontrol jumlah asupan pupuk ke tanaman, lakukan dg pemberian pupuk cair lengkap dan penambahan fungisida sistemik. Kecepatan tetes disesuaikan dengan tingkat penguapan yang terjadi.


Penggunaan hormon giberelin
Dilakukan pada tanaman yang sudah dewasa utk memacu keanekaragaman fungsi sel sehingga sel yang diarahkan utuk pertumbuhan tunas dapat dialihkan ke pembungaan.
Dosis sesuai dg jenis tanaman, umumnya 2mg/liter. Jika konsentrasi yg diberikan terlalu sedikit, pembungaan tdk akan terjadi,justru akan tumbuh tunas. Jika diberikan berlebihan akan menghambat terbentuknya bunga atau bunga tumbuh tapi cepat rontok dan kemudian tidak akan berbunga sama sekali.


Penggunaan hormon penghambat tumbuh
Hormon ini disebut juga retardan,yg banyak digunakan adalah paclobutrazol.Fungsi menghambat pertumbuhan tunas sehingga menjadi dorman,pada fase ini energi akan semaikin bertambah dan terkumpul…selama 3 bulan. Setelah itu dormansi harus dipecahkan dengan pemberian giberelin dan tanaman akan berbunga secara serempak.

selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar